Mau Masuk Pendidikan Dokter UI? Kamu Harus Tahu 5 Fakta Menarik Berikut Ini

Mau Masuk Pendidikan Dokter UI Kamu Harus Tahu 5 Fakta Menarik Berikut Ini

Bimbel PMUI – Bicara soal Universitas Indonesia, kamu semua pasti tahu fakultas yang paling terkenal sulit sekaligus keren. Ya, apalagi kalau bukan si Makara Hijau Fakultas Kedokteran UI dengan program studi S1 Pendidikan Dokter yang paling banyak diminati dari tahun ke tahun.

Mahasiswa program studi yang satu ini terkenal pintar-pintar dan sangat sibuk karena jadwal kuliahnya yang padat. Selain hal-hal di atas ternyata ada banyak fakta menarik tentang Program Studi Pendidikan Dokter FKUI, lho. Apa saja, ya? Yuk, simak informasi mengenai 5 fakta menarik tentang Program Studi Pendidikan Dokter UI berikut ini!

 

Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia

FKUI adalah fakultas kedokteran tertua di Indonesia yang lahir pada tanggal 2 Januari 1849 lewat Keputusan Gubermen No. 22. Ketetapan tersebut menjadi titik awal adanya pendidikan kedokteran di Indonesia (Nederlandsch Indie) yang dilaksanakan di Rumah Sakit Militer.

Dua tahun kemudian, dibuka Sekolah Pendidikan Kedokteran di Weltevreden dengan jumlah siswa 12 orang dan lulusannya mendapat gelar Dokter Djawa. Tahun 1898 barulah berdiri STOVIA (School tot Opleiding voor Indische Artsen) atau Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputra yang alumninya disebut sebagai Inlandse Arts.

 

Menangani Wabah Cacar di Masa Kolonial

Pada tahun 1951, Gubernur Jenderal Duymayer van Twist mendirikan Sekolah Pendidikan Dokter guna menangani wabah cacar yang terjadi di sepanjang pantai utara Jawa dan wilayah Karesidenan Banyumas. Wabah ini menyebabkan 1/3 penduduk Pulau Jawa meninggal dunia dan membuat Pemerintah Hindia Belanda khawatir karena tingginya angka kematian tersebut akan berdampak buruk pada hasil panen perkebunannya.

Pemerintah Hindia Belanda saat itu juga kesulitan untuk mendatangkan tenaga medis dari Belanda karena biaya yang mahal. Oleh karena itu, Dokter Willem Bosch mencetuskan gagasan untuk mendidik pemuda bumiputera untuk menangani masalah kesehatan di wilayahnya. Walaupun lulusan sekolah ini sudah mendapatkan titel dokter, mereka hanya dipekerjakan sebagai mantri cacar.

 

Rekor Muri

Sejak tanggal 31 Maret 2020, FKUI secara rutin mengirimkan pakar-pakar kesehatan untuk menjadi narasumber pada program Dialog Interaktif Layanan Kesehatan COVID-19 di Pro 3 Radio Republik Indonesia (RRI). Pada program nasional tersebut, sudah lebih dari 350 topik disampaikan oleh para pakar FKUI. Hal inilah yang membuat FKUI meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai fakultas penyumbang narasumber terbanyak dalam satu program radio.

Sebelumnya, FKUI juga telah mendapatkan penghargaan MURI sebagai fakultas dengan penambahan jumlah guru besar terbanyak pada tahun 2020 dan Rekor atas Lomba Tumpeng Pertama dari Rangkaian Alat Kesehatan pada tahun 2021. Wah, macam-macam ya penghargaan yang sudah diterima FKUI, bukan hanya dari bidang akademik dan ilmiah.

 

Rumah Sakit Pendidikan FKUI

Rumah Sakit Pendidikan adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran dan/atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi. Selain itu, Rumah Sakit Pendidikan juga merupakan fasilitas yang sangat penting dalam pendidikan kedokteran karena di di sinilah mahasiswa kedokteran akan terjun langsung untuk mendapatkan pengalaman dalam menangani berbagai macam penyakit.

FKUI telah menjalin kerja sama dengan berbagai rumah sakit yang dinilai layak untuk tempat penyelenggaraan kegiatan akademik bagi para mahasiswa untuk semua jenjang program pendidikan. Kerja sama ini diharapkan dapat secara aktif dan efektif menjadi upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan, pendidikan, penelitian kedokteran, dan ilmu terkait lainnya.

Adapun rumah sakit pendidikan FKUI adalah rumah sakit unggulan di Indonesia seperti RSCM yang merupakan pusat rujukan nasional, RS Jantung Harapan Kita yang merupakan pusat jantung nasional, RS Persahabatan yang merupakan pusat respirasi nasional, RS Dharmais yang merupakan pusat kanker nasional, dan RS Sulianto Saroso yang merupakan pusat penyakit infeksi, dan yang terbaru adalah RSUI.

 

Policy Brief: Kontribusi Mahasiswa di Masa Pandemi

Sebuah naskah kebijakan (Policy Brief) berjudul “Dari Edukasi hingga Vaksinasi: Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Kedokteran dalam Penanggulangan Pandemi dan Bencana” diluncurkan oleh Medical Students in COVID-19 (Medico-19) Research Group. Peluncuran Policy Brief ini dilakukan untuk menjawab permasalahan kurangnya tenaga medis di tengah masa pandemi COVID-19.

Medico-19 Research Group adalah tim penelitian yang dibimbing oleh banyak ahli pendidikan kedokteran dan berkolaborasi dengan mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia. Tim ini berada di bawah Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI dan Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI).

Policy Brief yang dibuat merupakan hasil penelitian tim Medico-19 Research Group mengenai kesediaan dan kesiapan mahasiswa kedokteran menjadi relawan dalam upaya penanggulangan pandemi. Hasil survei pada Juli—Oktober 2020 menunjukkan sebanyak 48,7% mahasiswa bersedia menjadi sukarelawan di masa pandemi dan 18,6% dari mahasiswa tersebut sudah memiliki kesiapan yang cukup. Selanjutnya, mahasiswa ini dapat dilibatkan dalam tahap preventif, promotif, dan kuratif dari setiap upaya penanganan pandemi.

 

Bimbel Masuk Kedokteran UI

Apakah kamu semakin tertarik dengan fakultas bermakara hijau di UI yang satu ini? Untuk menjadi mahasiswa kedokteran di fakultas sekaligus universitas terbaik di Indonesia ini, kamu tentunya perlu strategi dan persiapan yang matang.

Kamu bisa mengikuti Bimbingan Belajar Persiapan Masuk UI (Bimbel PMUI) untuk mendapatkan bimbingan secara intensif dalam mempersiapkan diri dengan matang untuk menghadapi ujian masuk UI baik jalur Ujian Tulis pada seleksi bersama nasional (UTBK) maupun SIMAK UI dan mandiri lainnya.

 

Kenapa Harus Bimbel PMUI?

Bimbel PMUI selalu memberikan layanan terbaik dan profesional mulai dari sistem dan jadwal belajar, guru, staf, materi, evaluasi belajar, hingga konsultasi akademiknya. Ayo jangan tunda lagi mimpimu, segera bergabung dan daftarkan dirimu di persiapanmasukui.com.